Pangkalan TNI Angkatan Laut Dabo Singkep Gelar Upacara HUT Ke-79 TNI Bersama Unsur Forkopimda Kabupaten Lingga

0 0
Read Time:3 Minute, 3 Second

TNI AL, Dabo Singkep, ibukotanews.com. — Pangkalan TNI Angkatan Laut Dabo Singkep (Lanal DBS) menggelar Upacara HUT Ke-79 TNI, bertempat di Lapangan Apel Mako Lanal Dabo Singkep, Jalan Yos Sudarso No. 1 Dabo Singkep, Sabtu (05/10/2024).

Bertindak Sebagai Inspektur Upacara dalam upacara tersebut adalah Perwira Penghubung Kodim 0315 (Pabungdim 0315) Tanjung Pinang Letkol Inf Ropek Gultom.

Pada kesempatan tersebut, Inspektur Upacara membacakan Amanat Panglima TNI. Dalam amanatnya Panglima TNI mengatakan, “Peringatan HUT TNI kali ini mengusung tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”, tema tersebut sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif dalam menjaga dan mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara”, tuturnya.

“Setiap Prajurit TNI haruslah bekerja keras dan ikhlas dengan memaksimalkan kemampuan, memanfaatkan peluang, peduli lingkungan sekitar dan bertanggung jawab terhadap tugas yang dilaksanakan dengan didorong semangat gotong-royong dan bahu membahu bersama komponen bangsa sesuai dengan tema HUT ke-79 TNI tahun 2024”, ujarnya.

Panglima TNI juga mengatakan, “Pada kesempatan ini, kami ingin menyampaikan apresiasi yang tulus kepada Presiden RI Ir. H. Joko Widodo atas dedikasi dan kerja kerasnya selama 10 tahun memimpin Republik Indonesia. Selama masa kepemimpinan beliau telah banyak berkontribusi dan berjuang untuk kemajuan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Berbagai prestasi dan pencapaian telah ditorehkan untuk memperkuat pertahanan dan keamanan negara”, ungkapnya.

Panglima TNI juga menambahkan, “Pada kesempatan ini juga, kami dengan antusias menyambut Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto sebagai Presiden Republik Indonesia terpilih. Kami yakin pada masa kepemimpinan beliau, TNI akan semakin kuat dan disegani. Kami berharap dan berdoa semoga Beliau dapat membawa perubahan-perubahan positif bagi kemajuan TNI dan seluruh rakyat Indonesia. Semoga dapat menjalankan Amanah dengan baik dan Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberkati Beliau dan seluruh rakyat Indonesia”, ungkapnya.

“Dengan semakin dekatnya masa transisi, dimana bukan hanya transisi kepindahan Ibu Kota Negara tetapi juga transisi kepemimpinan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk itu, setiap Prajurit TNI harus tetap waspada, tidak mudah termakan dan terhasut akan adanya isu-isu yang berbau provokasi, yang berusaha memecah belah soliditas TNI, menghancurkan sinergitas TNI dengan Kementerian/ Lembaga lainnya, serta merusak kemanunggalan TNI bersama Rakyat yang telah mengakar”, tegas Panglima TNI.

Panglima TNI dalam penekanannya mengatakan, “Pertama perkokoh iman dan takwa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, luangkan waktu serta luaskan hati untuk terus beribadah, karena hanya kepada-Nya lah kita berserah diri dan mendapatkan kekuatan. Kedua pertahankan dan tingkatkan soliditas TNI serta kemanunggalan TNI dengan rakyat, agar kita selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Ketiga tingkatkan kewaspadaan, profesionalitas serta kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi berbagai macam tantangan tugas kedepan yang semakin kompleks, dan terkait dengan pelaksanaan Pilkada serentak yang tahapannya sedang berlangsung saat ini, selalu jaga netralitas TNI termasuk dalam hal penggunaan media sosial. Keempat bangun koordinasi yang baik dengan Pemerintah/Pemda dalam upaya penanggulangan bencana, serta mengatasi kesulitan rakyat di sekitar tempat bertugas, akhirnya laksanakan setiap tugas secara ikhlas. Kelima hindari setiap bentuk tindakan melawan hukum dan merugikan rakyat, karena tugas kita adalah semata-mata untuk kepentingan rakyat, bangsa dan negara tercinta ini perekat bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika”, pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pj.Bupati Lingga Said Nurdyahdu S.IP., MP., Asisten III Kabupaten Lingga Jumadi, S.Sos., Komandan Lanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Tri Hermawan, MA., M.Tr Opsla., Kapolres Lingga AKBP Apri Fajar Hermanto, S.I.K., Kajari Lingga Amriata S.H., M.H., diwakili, Danpuslatpur Mar 09 DBS Mayor Marinir Ricky Sandro, M.Tr.Opsla., Para Kepala OPD Kabupaten Lingga, Camat Dabo, Lurah Sungai Lumpur, Lurah Dabo, Ketua PPAL Rayon Dabo Singkep Adi, Para Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat.

(Pen Lanal Dabo Singkep)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %